DAFTAR ISI
Pengesahan Perusahaan.............................................................................i
Pengesahan Pembimbing............................................................................ii
Pengesahan
Sekolah..................................................................................iii
Kata
Pengantar.......................................................................,...................iv
Daftar
Isi....................................................................................................vi
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Praktek Kerja
Industri..................................1
B. Tujuan Praktek Kerja
Industri...............................................3
C. Tujuan Penyusunan
Laporan................................................5
D. Sasaran Praktek Kerja
Industri.............................................5
E. Teknik Pengumpulan Data....................................................6
BAB
II PROFIL DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR(PSDA)
v Sejarah Berdirinya Dinas
PSDA...........................................7
v Daftar Pimpinan PSDA.........................................................8
v Sejarah Stempel Dinas PSDA............................................10
v Sarana & Prasarana Dinas
PSDA......................................12
v Visi & Misi
PSDA................................................................14
v Budaya Motto PSDA..........................................................15
v Struktur
Organisasi...........................................................15
v Uraian
Tugas....................................................................16
BAB
III URAIAN BIDANG USAHA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR
v BIDANG USAHA................................................................22
·
Pengairan Irigasi
Sawah.............................................22
BAB
IV LAPORAN KEGIATAN HARIAN
v Laporan Kegiatan Harian Praktek Kerja
Industri.................29
BAB
V PENUTUP
v Kesimpulan.........................................................................30
v Saran &
Kritik......................................................................30
TINJAUAN
PUSTAKA............................................................................
Lampiran……………………………………………………………………..
Struktur Organisasi Dinas
PSDA…………………………………..
PENGESAHAN
INSTANSI
Direksi Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air (PSDA) Kab.Sidrap menerangkan bahwa :
Nama
: NIA AULIA LESTARI
Kelas : XII ADMINISTRASI 2
NIS : 1 0 1 1 2
Sekolah : SMK NEGERI 1 SIDENRENG
Telah Melaksanakan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kab.Sidrap sejak Tanggal 10
September 2012 s/d 10 Januari 2013,dan Pengesahan pembimbing terlampir.
BatuLappa,10
January 2013
Mengetahui
Di Sahkan
Kasubag umum
dan Kepegawaian Kepala Dinas PSDA
Hj.JUHARIAH,
S.Sos IR.H.IMRAN ABIDIN.M.Si
Nip. 19690612 199401 2 002
Nip.19661231 199203 1 081
PENGESAHAN PEMBIMBING
Yang
Bertanda Tangan di bawah ini,pembimbing Institusi pada Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air Kab.Sidrap Menerangkan Bahwa :
NAMA
: Hj.JUHARIAH, S.Sos
NIP
: 19690612 199401 2 002
JABATAN : Kasubag Umum & Kepegawaian
Telah Mengesahkan hasil laporan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) siswa tahun ajaran 2012/2013 di bawah ini :
Nama : NIA
AULIA LESTARI
Kelas : XII ADMINISTRASI 2
Nis
:
1 0 1 12
Sekolah
: SMK NEGERI 1 SIDENRENG
Demikian di sampaikan untuk bahan seperlunya .
Batu
Lappa,10 January 2013
Mengetahui
Pembimbing Kepala Dinas PSDA
Hj.JUHARIAH,S.Sos IR.H.IMRAN ABIDIN,M.Si
Kasubag.Umum & Kepeg. Pangkat : Pembina Utama Muda
PENGESAHAN
SEKOLAH
Yang bertanda
tangan di bawah ini adalah guru Pembimbing SMK NEGERI 1 SIDENRENG untuk Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) tahun ajaran 2012/2013 di Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air Kab.Sidrap menyetujui atau mengesahkan hasil laporan Praktek Kerja
Industri siswa kami Yaitu :
Nama : NIA AULIA LESTARI
Kelas : XII ADMINISTRASI 2
Nis : 1 0 1 1 2
Sekolah : SMK
NEGERI 1 SIDENRENG
Demikian di Sampaikan untuk bahan seperlunya.
Batu Lappa,10
January 2013
Mengetahui
Ketua
Jurusan Akuntansi Pembimbing
Dra. Diah Kustianingsih
Dra.hj.Maria
Nip
:19681204 199512 2 006 Nip :19560215 196303 2 001
Kepala
SMK NEGERI 1
SIDENRENG
H.LAONDING.M.Pd
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan
ke hadirat Allah swt Karena Berkat Rahmat, Taufik, dan Hidayah-Nya lah sehingga
Kami dapat menyelesaikan laporan hasil Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dalam
tahun ajaran 2012/2013.
Prakerin merupakan salah
satu kurikulum yang harus dijalankan oleh setiap Sekolah Menegah Kejuruan ( SMK
) di Indonesia.hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan
kreativitas para peserta didik.juga sebagai landasan Peserta didik untuk
mendapat Pengalaman bekerja, mengetahui bagaimana dunia usaha yang
sesungguhnya.
Tersusunnya laporan
iniberkat bantuan dari berbagai pihak.untuk itu pada kesempatan kali ini, kami
mengucapkan terima kasih kepada :
•
Kedua Orang Tua Yang telah
memberikan dukungan dan dorongan serta doa restunya
• Dra.Hj.MARIAH selaku Pembimbing sekolah
• Hj.JUHARIAH,S.sos selaku Kasubag.Umum &
Kepegawaian Serta Pembimbing Instansi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air
• Ir.H.IMRAN ABIDIN,M.Si selaku Kepala
Dinas PSDA
•
Drs.A.TOLO
WALENNA,M.Ec.Dev selaku Sekretaris Dinas PSDA
•
ANDI SANDRA
SANI,ST.M.AP selaku kepala UPT PENGELOLAAN IRIGASI DESA
• UMAR YUSUSF,SS selaku kasubag.Keuangan
Dinas PSDA
• Ir.ABD.RAHMAN SAMAILA selaku Kabid
Pengambangan SDA Dinas PSDA
•
Drs.MUH.YUSUF
THAMRIN selaku Kabid Pengelolaan SDA Dinas PSDA
• ABBAS ARAS,Sp selaku Kabid Bina Manfaat
Dinas PSDA
•
Seluruh Staff Dinas Pengelolaan sumber Daya Air
yang telah memberi Bimbingan pada kami selama melaksanakan PRAKERIN
• H.LAONDING,M.Pd selaku Kepala SMK NEGERI 1 SIDENRENG
• NURUL HASANAH YUSUF.,S.Pd selaku ketua
jurusan Akuntansi SMK NEGERI 1 SIDENRENG
• Seluruh rekan
siswa siswi SMK NEGERI 1 SIDENRENG
yang telah memberikan dukungan dan motivasinya
Karena kesempurnaan hanya milik Allah
semata,maka saya selaku penulis menyadari bahwa dalam penulisan dan penyusunan
laporan PRAKERIN ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritikan
sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan-laporan di masa mendatang.
Semoga
laporan PRAKERIN ini dapat bermanfaat bagi adik-adik yang akan
Melaksanakan PRAKERIN di tahun
mendatang.
Batu Lappa,10 Januari 2013
Penulis,
NIA AULIA LESTARI
XII ADMINISTRASI 2
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam pelaksanaan kurikulum sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilaksankan
panduan antara Teory dan praktek dilapangan, yaitu Praktek Kerja Industri (
PRAKERIN ) sebagai salah satu rangkaian yang didalamnya merupakan Penjabaran
oleh Direktur Sekolah Menengah, Maka SMK NEGERI 1 SIDENRENG Telah mengadakan
kerja sama dengan Instansi Pemerintah Maupun Swasta di berbagai daerah, guna
menempatkan anak didik mereka dalam menjalankan dan melaksanakan Praktek Kerja
Industri.
A.
LATAR BELAKANG PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
Prakerin yang biasa di sebut dengan istilah PSG (Pendidikan
Sistem
Ganda ) memiliki arti yang melakukan pendidikan secara ganda dimana memadukan
program pendidikan disekolah dan program penguasaan Keahlian yang diperoleh
melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja, yang terarah untuk mencapai
suatu tingkat keahlian Proffesional tertentu.
Adapun
dasar Hukum yang menjadi tolak ukur di dalam melaksanakan Prakrin diantaranya :
Ø Direktur Jendral
Pendidikan Dasar dan Menengah No.511/C.C4/MM/1999 Tentang Pelaksanaan kurikulum
surat edaran SMK edisi tahun 1999 (Hasil-Penyempurnaan
yang antara lain mengatakan :
“Paket Keahlian Produktif dilaksanakan di dunia Industri
Kerja atau sebagian di Sekolah dan waktu Pendidikan Sistem Ganda minimal 3
bulan kerja , mengikuti, minggu dan jam kerja Industry”.
Ø Kurikulum Tahun 2001,
bahwa setiap siswa wajib melaksanakan Praktek Kerja Industry,Karena Prakerin
termasuk Salah satu kelompok mata pelajaran,Yang wajib di tempuh oleh semua
siswa di berbagai Instansi, baik pada Perusahaan jasa,
industri,
dagang
baik dalam lingkup Pemerintahan Maupun Swasta.
Ø Pelaksanaan PSG
didasarkan pada Ketentuan-Ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang N0.2
Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional, PP No.-29 tahun 1990
tentang pendidikan Menengah, PP Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta
Masyarakat dan pendidikan Nasional,Keputusan Mendikbud No. 0490/U/1992 Tentang
sekolah Menengah Kejuruan,dan keputusan Mendikbud Nomor : 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK sebagai
Berikut :
“Penyelenggaraan
Pendidikan dilaksanakan melalui dua
jalur yaitu Pendidikan Sekolah dan Jalur
Pendidikan di luar Sekolah”
B.
TUJUAN PRAKTEK KERJA
INDUSTRI
Bagi siswa-siswi SMK
Negeri 1 Sidenreng Praktek Kerja Industri ini
adalah salah satu
cara untuk mengembangkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah dan bisa
menerapkan secara langsung di lapangan kerja,menjadikan para siswa menjadi
lebih mandiri, sehingga akan menjadi tenaga kerja tingkat menengah,yang handal
dan Proffesional dalam bidang tertentu.
SMK Negeri 1 Sidenreng adalah
sekolah yang mengajarkan Bisnis and Management, dimana sekolah ini berusaha
meningkatkan kualitas, Kuantitas, Keproffesionalan, dan Moral siswa-siswinya
dimana
“Mencerdaskan Generasi Muda bangsa yang
Beriman dan Berbudaya.”
Oleh karena itu, Pihak Sekolah SMK Negeri
1 Sidenreng memberikan kesempatan kepada anak didik mereka untuk mengembangkan
kemampuannya di bidang
Usaha, menyebarkan anak didik mereka di berbagai daerah untuk melaksanakan
Praktek Kerja industri.
Adapun Tujuan Umum di adakannya Praktek Kerja Industri
diantaranya sebagai berikut :
a. Memberi kesempatan pada
siswa-siswi untuk mengembangkan bakat kemampuan yang dimiliki.
b. Memberikan Penghargaan terhadap pengalaman bekerja sebagai bagian dari
proses pendidikan.
c. Mengahasilkan tenaga lerja tingkat menengah.
Adapun Tujuan Khusus
diadakannya Praktek Kerja Industri,diantaranya sebagai berikut :
a. Memperoleh pengalaman Bekerja.
b. Mengaplikasikan ilmu yang didapat disekolah
c. Mencari keselarasan ilmu yang didaptkan disekolah pada instansi
tempat peserta didik menjalankan Praktek Kerja Industri.
d. Menambah wawasan Peserta didik dibidangnya maupun Non bidang
C.
TUJUAN PENYUSUNAN
LAPORAN
Tujuan Penyusunan Laporan ini
adalah untuk memberikan gambaran singkat mengenai hasil pengamatan dan
penelitian
Secara Umum Tujuan Penyusunan Laporan Kegiatan Praktek Kerja
Industri adalah sebagai Berikut :
a. Sebagai tolak ukur keberhasilan siswa di dalam menyusun
laporan Praktek Kerja Industri
b. Melatih Peserta didik dalam menyusun laporan
c. Melatih peserta didik
mengengembangkan Kreativitas
dalam menyusun
laporan
d Mampu menarik
kesimpulan dari keseluruhan rangkaiankegiatan
Prakerin selama kurang lebih 4 Bulan Di
suatu instansi
D. SASARAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )
Sasaran
Yang dicapai dalam Melaksanakan Praktek Kerja
Industri adalah untuk
menghasilkan Tenaga Kerja tingkat menegah yang handal dan Proffesional.Mampu
menghasilkan SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang tinggi, yang dapat melakukan
Pekerjaan baik di bidangnya maupun non bidang.
E.
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data-data laporan kegiatan (sekripsi ) adalah sbb :
Dokumentasi
Dengan
melihat langsung bukti-bikti di lapangan.
Interview
Dengan bertanya
lansung pada Staff Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.
Praktek
Dengan
hasil pengamatan selama melaksankan praktek kerja industry sehingga menarik
sebuah kesimpulan.
BAB II
PROFIL
DINAS PENGELOLAAN SUBER DAYA AIR ( PSDA )
KAB.SIDENRENG
RAPPANG
F.
SEJARAH BERDIRINYA DINAS
PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR ( PSDA )
Pada Tahun 1972 didirikan suatu organisasi yang di beri
Nama PROSIDA yang di pimpin pertama kali pada saat itu adalah bapak Thamrin
Kuba, BIE sampai pada tahun 1979.dari nama PROSIDA berubah Nama menjadi Seksi
Pengairan setelah tiga tahun dengan Pimpinan yang sama.Pada tahun 1979 Seksi
Pengairan di ganti Nama menjadi PU Seksi
Pengairan Sidrap-Enrekang,pada tanggal 1 Januari 1979 s.d. 21 Maret 1986 di
bawah pimpinan AR.Mangendong BIE dan pada tanggal 22 maret 1986 s.d. 4
juni 1991 dari PU Seksi Pengairan Sidrap-Enrekang menjadi Cabang Dinas
Pengairan Sidrap-Enrekang yang di pimpin oleh Ir.H.Zainuddin Dach,BIE
Ir.H.Zainuddin kemudian digantikan oleh Ir.H.A.Darwis
Angewa,BIE. Dan pada tahun 2001 beliau mengakhiri masa jabatan sebagai pimpinan
Cabang Dinas Pengairan Sidrap-Enrekang.beliau akhirnya di gantikan oleh
Ir.H.Idrus Musa yang
memulai karirnya pada tahun 2001 dan mengakhiri jabatan pada tahun 2003.
Perubahan Nama kembali
dilakukan dari Cabang Dinas Pengairan Sdrap-Enrekang Menjadi Dinas Pengairan
Sidrap-Enrekang.di katakan Dinas Pengairan Sidrap-Enrekang karena pada saat itu
Pemerintah Sidrap dan Enrekang melakukan Kerja Sama dalam Pengaturan Air di
bidang Pengairan Sawah.
Pada
Tahun 2003 s.d. tahun 2005 Pimpinan Instansi Kembali Berubah dibawah
Kepemimpinan Ir.B.Santiago dan nama Instansi pun ikut berubah dengan masuknya
OTODA dari Dinas PU Pengairan menjadi Dinas
PSDA ( Pengelolaan Sumber Daya Air ) di bawah pimpinan Ir.H.Anwar.A.Achmad,MS
s.d. tahun 2009.Kemudian Pada Tahun 2009 Ir.H.Anwar.A.Achmad,MS mengakhiri
jabatannya beliau di gantikan oleh Ir.H.Imran Abidin,M.Si.
G.
Daftar Pimpinan Yang
telah menjabat pada Dinas PSDA
NO.
|
NAMA PEJABAT
|
TAHUN JABATAN
|
1.
|
THAMRIN
KUBA
|
1972-1979
|
2.
|
AR.MANGENDONG
|
1979-1986
|
3
|
IR.H.ZAINUDDIN
DACH
|
1986-1991
|
4
|
IR.A.DARWIS
ANGEWA BIE
|
1991-2001
|
5
|
IR.IDRUS
MUSA
|
2001-2003
|
6
|
IR.B.SANTIAGO
|
2003-2005
|
7
|
IR.H.ANWAR
A.ACHMAD,MS
|
2005-2009
|
8
|
IR.H.IMRAN
ABIDIN,M.SI
|
2009-sekarang
|
H.
PERUBAHAN STEMPEL DINAS
PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR ( PSDA )
Perubahan Stempel Dinas
Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA ) dari masa- kemasa dapat di linat seperti
sketsa berikut :
Seksi
Pengairan berlaku s.d. akhir tahun
1974
PU Seksi Pengairan
Sidrap-Enrekang
:1 Januari 1975 s.d. 21
Maret 1986
Cabang Dinas Pengairan Sidrap-
Enrekang :22 Maret 1986 s.d. Juli 1991
Cabang Dinas Pengairan
Sidrap-Enrekang :5 Juli 1991 s.d.23 November 2001
Dinas Pengairan Kab.Sidrap : 24 November 2001 s.d. 10 Januari 2005
Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kab.Sidrap : 11 Januari 2005 s.d.
Sekarang
I. SARANA & PRASARANA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR
(PSDA )
·
3 Unit Alat Berat :
Berupa
2 unit Excavator dan 1 unit mobil Tronton.
·
2 unit mobil Dinas :
Berupa
1 unit Mobil Kijang Innova yang di gunakan oleh Kepala Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air dan 1 unit mobil Ranger Hitam yang di gunakan oleh Sekretaris Dinas
Pengelolaan Sumber Daya Air.
·
1 unit mobil Box :
1
unit mobil box ( kampas ) yang di gunakan oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya
Air ketika harus menampung barang-barang tertentu.
Sarana-Prasarana di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air cukup
Memadai.Kantor yang termasuk instansi yang berada di bawah naungan pemerintah
ini terletak di Kompleks Gabungan Satuan Perangkat Daerah ( SKPD ) di jalan Gunung Bawakaraeng kel.Batu
Lappa Kec.Wattang Pulu Sidrap.walaupun Kantor utama yang terletak lumayan jauh
dari ibu kota
Kabupaten namun Pelayanan terhadap masyarakat
yang akan berkonsultasi dan meminta bantuan terutama dalam hal Pengairan masih
dapat di atasi Oleh Pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.
Kantor
yang terdiri atas 2 lantai Ini memiliki 8 ruang,yakni :
·
Ruang Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA
),yang Terletak Di lantai 2.
·
Ruang Sekretaris Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air,juga
terletak di lantai 2.
·
Bag.Umum & Kepegawaian,terletak di lantai 2.
·
Bag.Keuangan & Perencanaan,terletak di lantai 2.
·
Bidang Pengembangan SDA terletak di lantai Bawah
·
Bidang Pengelolaan SDA,terletak di lanati bawah.
·
Bidang Bina Manfaat,terletak di lantai Bawah
·
Ruang UPT Pengelolaan Irigasi Desa,terletak di lantai
bawah
·
1 ruang untuk Mushallah terletak di lantai bawah
·
1 unit Toilet,masing-masing terdiri atas wanita dan pria
Masing-masing tiap
ruangan di beri Full AC setiap harinya.
setiap ruangan juga di bekali 1 unit
Komputer.Pemberian Sarana & Prasarana tersebut bertujuan agar pekerja makin
giat untuk bekerja demi masyarakat.meningkatkan kinerja para pegawai
pemerintahan.
J. VISI MISI DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR (PSDA
)
·
VISI
“Terwujudnya Pengelolaan Sumber Daya Air yang
Proffesional,Efektif dan Efisien”.
·
MISI
·
Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Air.
·
Pengangkatan dan Pengembangan Sumber Daya Air yang
Berwawasan Lingkungan.
·
Pemberdayaan dan Keswadayaan Kelembagaan.
·
Pembinaan dan Pengembangan SDM
K.
BUDAYA MOTTO DINAS
PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR ( PSDA )
Dalam menjalankan misi untuk menggapai Visi
maka Dinas Pengelolaan
Sumber Daya Air mencanangkan Prinsip kerja
diantaranya :
·
Kekompakan adalah Kunci Utama Keberhasilan
L.
STRUKTUR ORGANISASI
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR
Struktur Oranisasi merupakan dasar pegawai
untuk meningkatkan
kinerja, struktur organisasi merupakan
gambaran umum mengenai tugas dan wewenang setiap anggota dalam melaksanakan
tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan misi perusahaan.dengan adanya struktur
organisasi maka di harapkan tidak ada lagi pekerjaan yang tumpang tindih.
Struktur
Organisasi di rancang sesuai sesuai perkembangan Instansi,berdasarkan layanan
jasa dengan ruang lingkup usaha layaknya fakta yang ada di lapangan.
Gambar Struktur Organisasi terlampir pada laporan ini.
M.
URAIAN TUGAS
Adapun
Uraian Tugas Jabatan Structural dalam ruang lingkup Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air adalah sbb :
Ø
Kepala Dinas Pengelolaan
Sumber Daya Air ( PSDA )
Mengatur Kinerja utama
perusahaan,mampu mengatasi dan men-
Cari solusi segala problema kantor.mampu
bersikap bijak dan menunjukkan rasa dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin
utama.
Ø Sekretaris
Mendampingi dan membantu
Kepala Dinas dalam menjalankan
dan mengatur Dinas.Memberikan tanggapan serta
solusi jika di perlukan.
Sekretaris mempunyai hak untuk menggantikan
Kepala Dinas jika berhalangan,termasuk untuk menandatangani berkas Perusahaan.
Ø Kasubag Umum & Kepegawaian
Mengatur Penempatan
Pegawai.sebagai panutan seluruh pegawai.
hak dan wewenang dalam mengatur kinerja
pegawai berada dalam wilayah kekuasaannya,sebagai pembuat Struktur Kepegawaian.
Ø Kasubag Keuangan
Mengatur segala masalah keuangan dalam ruang lingkup Perusahaan
bertanggung jawab atas segala APBD
Perusahaan,sebagai pembuat laporan Keuangan Perusahaan,baik itu laba maupun
rugi.
Ø Kasubag Perencanaan
Sebagai Pendamping
Kasubag Keuangan dalam mengatur
keuangan perusahaan, merencanakan dan dapat
menetapkan tingkat pengeluaran Keuangan sesuai hasil kesepakatan.
Ø Kabid Pengembangan
Bidang ini mempunyai urusan di lapangan,mensurvey serta melakukan
Perbaikan dan pengembangan pada aliran aliran
pengairan irigasi di wilayah sidrap. sebagai Kepala Bidang beliau hanya dapat
memantau bawahannya dalam melaksanakan tugas dan sesekali ka.Bidang dapat
memantau dan mensurvey secara langsung di lapangan.Kabid Pengembangan mempunyai
hak sebagai Pejabat Pembuat Komitment.
Ø Kasie.Survey & Desaign
Seksi ini termasuk dalam bidang pengembangan, artinya segala
urusan di dalamnya termasuk dalam urusan
pengembangan sumber Daya Air, hanya hal ini lebih menuju pada Desain serta
survey di lapangan.
Ø Kasie.Pendataan Monit.& Evaluasi
Seksi ini termasuk dalam
bidang pengembangan,artinya segala
urusan di dalamnya termasuk dalam urusan
pengembangan sumber Daya Air,hanya hal ini lebih menuju pada evaluasi mengenai
Pentauan di lapangan serta mengevaluasi hasil yang diterima.
Ø Kasie Konservasi & Rehabilitasi
Seksi ini termasuk dalam
bidang pengembangan,artinya segala
urusan di dalamnya termasuk dalam urusan pengembangan
sumber Daya Air,hanya hal ini lebih menuju pada Konservasi dan Rehabilitasi
pada aliran irigasi yang bermasalah.
Ø Kabid Pengelolaan SDA
Bidang ini mempunyai tugas dan wewenang dalam
hal Pengelolaan
Sumber Daya Air yang ada dalam wilayah kab.Sidrap.Memantau
serta dapat mengolah sumber Air yang ada sehingga dapat di pergunakan dalam hal
pengairan irigasi Sawah.
Ø Kasie Operasi
Seksi
ini termasuk dalam bidang Pengelolaan, artinya segala urusan di dalamnya
termasuk dalam urusan Pengelolaan sumber Daya Air,hanya hal ini lebih menuju
pada Pengoprasian bangunan-bangunan saluran irigasi.
Ø Kasie Pemeliharaan
Seksi ini termasuk dalam bidang Pengelolaan,artinya segala urusan
di dalamnya termasuk dalam urusan Pengelolaan
sumber Daya Air,hanya hal ini lebih menuju pada Pemeliharaan aliran irigasi
yang ada,sehingga aliaran ataupun Pintu Air ataupun Bendungan yang tersedia
tidak mudah rusak.
Ø Kasie Pengamanan & Pengendalian
Seksi ini termasuk dalam bidang Pengelolaan,artinya segala urusan
di dalamnya termasuk dalam urusan Pengelolaan
sumber Daya Air,hanya hal ini lebih menuju pada Pengamanan & Pengendalian
aliran irigasi yang ada,sehingga aliaran ataupun Pintu Air ataupun bendungan
yang tersedia tidak mudah rusak
Ø Bidang Bina Manfaat
Bidang
ini mempunyai tugas dan wewenang dalam hal pemanfaatan-pemanfaatan sumber air
yang ada, sehingga sumber air yang ada dapat di
kelolah dengan baik sebagaimana mestinya
sesuai dengan bidang usaha yang di tekuni Dinas PSDA.
Ø Kasie Pembinaan Kelembagaan
Seksi ini termasuk dalam bidang Bina Manfaat, artinya segala urusan
di dalamnya termasuk dalam urusan Bidang Bina
Manfaat, hal ini lebih menuju pada
Pembinaan Kelembagaan aliran irigasi yang ada, Pemanfaatan Serta Pembinaan
saluran Irigasi.
Ø Kasie Perizinan & Pemanfaatan
Seksi
ini termasuk dalam bidang Bina Manfaat, artinya segala urusan di dalamnya
termasuk dalam urusan Bidang Bina Manfaat,hanya hal ini lebih menuju pada
Pembinaan Kelembagaan aliran irigasi yang ada, Pemanfaatan Serta Pembinaan saluran
Irigasi.
Ø UPT Pengelolaan Irigasi Desa
PID ( Pengelolaan
Irigasi Desa ) memiliki tugas dan wewenang da-
lam hal pengairan irigasi Desa.Mengatasi dan
mencari solusi bagaimana problema yang ada dalam saluran irigasi yang
bermasalah, guna saluran tersebut dapat diatasi dan di gunakan layaknya saluran
irigasi sebelumnya.
Bidang ini juga mampu melakukan perbaikan dan
pengembangan saluran irigasi. UPT sebenarnya memiliki beberapa
cabang di beberapa daerah diantaranya,UPT Wil
I Sidenreng 1,UPT Wil II Sidenreng II,UPT Bila, UPT wil. Bulucenrana, UPT Wil
Baranti, UPT Wil.Bulotimoreng. semua kepala UPT tersebut wajib melaporkan dan
Mensosialisasikan permasalahan di masing-masing wilayah bagiannya sebagai
laporan pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.
BAB III
URAIAN
BIDANG USAHA
DINAS
PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR ( PSDA )
N.
BIDANG USAHA
Dari Pofil pada Bab II telah di jelaskan
bidang usaha yang di tekuni Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air yaitu :
“ Pengairan Irigasi Sawah “
·
Pengairan Irigasi Sawah
Sawah Merupakan sumber Penghasilan bagi para
petani.Tentunya
Kesuksesan Panen petani di sebabkan oleh beberapa Faktor diantaranya:
a.Kualitas Pupuk
b.Unsur hara tanah
c.Kualitas Bibit
d.Cuaca
e.Perolehan Sinar
Matahari yang di dapat
f.Ketersediaan air yang di peroleh
untuk itu, Pihak Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air berusaha semak-simal mungkin untuk dapat memberikan Pelayanan Terbaik
untuk masya-rakat,baik secara fisik maupun teoritis. berikut beberapa gambar
Pekerjaan lapangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dalam merehabilitasi
saluran Irigasi :
Gambar 1.1 Gambar
1.2
(sebelum) (sesudah)
Pada
gambar 1.1 dapat di lihat bagaimana kinerja serta kemampuan kemampuan Dinas
pengelolaan Sumber Daya Air dalam mengolah dan merehab saluran irigasi yang
bermasalah. gotong royong dengan masyarakat dan perkumpulan para petani
merupakan langkah awal untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.sedangkan gambar
1.2 adalah merupakan hasil akhir dari kegiatan pada gambar 1.1.
Pintu-Pintu
Air juga merupakan salah satu unsur penting dalam Suatu pengairan.Pada Pintu
air, terdapat penyetel saluran Air, sehingga air dapat di setel sesui kebutuhan
dan debit air yang tersedia.berikut gambar tentang perbaikan pintu air :
gambar
1.3 gambar
1.4
Gambar
1.5 Gambar
1.6
Gambar
1.5 menunjukkan ketika pintu air mengalami kerusakan serta Pendangkalan akibat
tanah yang turun ke badan saluran irigasi.gotong royong di lakukan untuk memperbaiki
saluran tersebut dan terlihat hasil akhir pada gambar berikut :
gambar 1.7 gambar
1.8
Gambar 1.9 gambar
1.10
Gambar tersebut menunjukkan Pihak Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air, saat membuat saluran Irigasi menggunakan Excavator.saluran tersebut
nantinya akan befungsi untuk menyalurkan Air ke sawah-sawah yang ada di sekitar
areal tersebut.berikut gambar akhir dari pekerjaan tersebut :
gambar 1.11 gambar
1.12
Bendungan Juga salah
satu unsur penting dalam hal pengairan.Maka dari itu, perawatan dan
pemeliharaan Bendung sangat di utamakan,untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut
:
Gambar 1.13
Dinas Pengelolaan Sumber
Daya Air ( PSDA ) memang selalu berusaha semaksimal mungkin melayani
masyarakat, karena Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air merupakan usaha Di biang
jasa. Kantor utama yang terletak di jalan Gunung Bawakaraeng Kompleks Gabungan
Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) tidak membuat layanan Dinas Pengelolaan
Sumber Daya Air terputus.
gambar 1.14 gambar
1.15
Karena Merupakan perusahaan jasa, maka SDM ( Sumber Daya
Manusia ) yang di butuhkan Dinas
Pengelolaan Sumber Daya Air cukup tinggi, maka dari itu, pelatihan-pelatihan
mengenai saluran irigasi baik talud, beronjong, ataupun saluran-saluran lain
sering di adakan guna meningkatkan ilmu pengetahuan mereka.
gambar 1.16 gambar 1.17
Gambar tersebut menunjukkan para pegawai
Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air ketika Mengikuti Pelatihan Pengelolaan Assets
Irigasi (PAI )
Sebenarnya,
Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air mempunyai satu bentuk kegiatan lain, yaitu
Koperasi Tirta ( KPR~TIRTA ) yang
merupakan sebuah minimarket yang terletak di jalan poros Soppeng (Jl.Jend.Ahmad
Yani ), akan tetapi KPR~TIRTA ini, bukan pekerjaan sampingan dari Dinas
Pengelolaan Sumber Daya Air, melainkan suatu organisasi yang berdiri
sendiri.KPR~TIRTA merupakan suatu bentuk organisai simpan pinjam oleh seluruh
pegawai negeri sipil baik tenaga pengajar ataupun pegawai pada suatu Instansi
Pemerintah.
BAB IV
LAPORAN KEGIATAN HARIAN PRAKERIN DI
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR
Selama berada di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)
kegiatan – kegiatan yang menambah wawasan kami diantaranya:
1.
Menangani Surat Masuk Dan Keluar ;
2.
Mengisi Buku Ekspedisi Dan Buku
Pemeriksaan Barang ;
3.
Mengisi Blangko – Blangko Keuangan ;
4.
Mengisi Buku Persediaan ;
5.
Memberi Stempel Verfikasi Pada Berkas;
6.
Mengikuti Jalannya Pelatihan;
7.
Mengantar Surat ;
BAB V
PENUTUP
A . KESIMPULAN
Setelah Menyelesaikan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Dapat
Kami Simpulkan Sebagai Berikut :
Praktek Kerja Industri merupakan wadah bagi
peserta didik untuk mengembangkan ilmu pengetahuaannya, mengajarkan para siswa
untuk lebih mandiri, memberikan araha bagi para siswa bagaimana dunia usaha
yang sesungguhnya.
B.SARAN-SARAN
Selama
Menjalankan Prakerin kami banyak mendapat pengalaman yang sangat berarti
nantinya yang dapat menjadi pedoman bagi kami di kemudian hari, kami
menyarankan beberapa saran yang nantinya dapat membangun baik dari pihak
sekolah maupun Instansi.
1.
Instansi
·
Kami
harap para siswa-siswi di beri bimbingan saat menjalankan Praktek Kerja
industry, sehingga peserta Praktek tidak merasa minder dan canggung selama
menjalankan Praktek.
·
Kami
harapkan, agar pihak instansi mau menerima Pesrta didik angkatan berikutnya
pada instansi ini, serta di beri bimbingan Seutuhnya.
2.
Sekolah
·
Agar peserta Prakerin angkatan berikutnya di
beri arahan terlebih dahulu mengenai tempat/Instansi yang akan menjadi tempat
Praktek mereka nantinya.
·
Diharapkan agar pihak sekolah mau bersosialisasi
dengan siswa mengenai tempat Praktek Kerja Industri.
TINJAUAN PUSTAKA
·
Eva Sulistya Hasty;2010/2011.Laporan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN );SMK NEGERI 1 PINRANG;
·
Lamma,S.Sos;Staff
Dinas PSDA Kab.Sidenreng Rappang;
·
Andi Sandra Sani,ST.,M.AP;Ka.UPT PID Dinas PSDA Kab.Sidenreng Rappang
·
Surianto, Se; Staff Dinas PSDA Kab.Sidenreng Rappang;
·
Suardi Idris; Staff Dinas PSDA Kab.Sidenreng Rappang;
·
Ridwan Boni; Staff Dinas PSDA Kab.Sidenreng Rappang;
·
Wawancara
langsung dengan para pegawai Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air
trimakasih atas bantuannya..
BalasHapusTerima kasih banyak :D . membantu banget :D .
BalasHapusapa yang dimaksud dengan tinjauan pustaka ?
BalasHapussaya belum begitu paham !
tolong beri sedikit penjelasannya
BalasHapus